Minggu, 19 Juni 2016

Uji Usabilitas - Bosbis

Pada uji usabilitas, saya meminta Muhammad Rizqi untuk mencoba applikasi Bosbis. Muhammad Rizqi adalah mahasiswa Ilmu Komputer Semester 6 yang baru pertama kali mencoba aplikasi Bosbis ini.




Task : Memesan tiket bis dari Jakarta ke Bandung

Subtask
Durasi Penyelesaian (Detik)
Komentar
Kesalahan yang Dilakukan Pengguna
Membuka aplikasi
3
-
-
Memilih tempat keberangkatan dan tujuan
56
-
-
Memilih Bus atau Travel
96
Negatif:
1.       “Loh apa ini kenapa geser2 begini?”
2.       “Oo tadi ada detail. Bedanya dengan detail apa ya?”
3.       “Harusnya tidak usah data reload lagi ini. Harusnya sudah dimasukkan ke chace”
4.       “Ini waktu kegeser saya tidak mengerti apa maksudnya”

-
Memilih kursi
20
Negatif:
1.       “Ini harusnya yang terjual sama tersedia warna nya agak kontras ya. Soalnya tidak terlalu terlihat perbedaannya”

-
Mengisi data penumpang
58
Positif:
1.       ”Oo ini bagus ya, jadi sebelum melakukan konfirmasi pembayaran, dia memberikan konfirmasi data dahulu”


-
Melihat metode pembayaran
30
Negatif:
1.       “Sepertinya sisa waktunya sedikit sekali ya”
Positif:
1.       “Saya langsung diberikan kode bookingnya. Sudah bagus”
-
Melihat konfirmasi pembayaran
10
Negatif:
1.       “Tapi kok harganya menjadi berubah ya? Yang tadinya 99000 menjadi 106000? Waduuh tidak konsisten nih”
-
Keluar dari Aplikasi
3
-
-

Kesimpulan:

                Aplikasi Bosbis sudah dapat memfasilitasi penggunanya untuk membeli tiket bis. Tetapi aplikasi Bosbis ini masih memerlukan beberapa perbaikan seperti tampilan ketika memilih bus. Rizqi terlihat kesulitan ketika memilih bis karena selain ada tombol pilihan bis, terdapat juga tombol detail yang muncul ketika tombol bis di slide ke kiri. Padahal jika dilihat dari informasi yang disampaikan pada detail, informasi tersebut tidak terlalu penting untuk pemesanan bus dan hanya membuat user kebingungan karena terlalu banyak informasi. Selain itu perlu diperbaiki juga pada saat memilih kursi. Warna kursi yang terjual dengan tersedia hampir sama. Sehingga sedikit membingungkan bagi yang baru pertama kali memesan tiket di Bisbos. Selain itu waktu tenggat pembayaran yang disediakan termasuk pendek. Mungkin saja ada beberapa hal yang membuat pelanggan tidak bisa membayar dalam waktu singkat (10 menit). Dan yang terakhir, ada kesalahan fatal yang membuat Rizqi tidak jadi membeli tiket yaitu harga tiket yang berubah ketika konfirmasi diterima. Harga di dalam konfirmasi lebih besar daripada harga yang sudah ditetapkan di aplikasi Bosbis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar