Pada uji
usabilitas, saya meminta Muhammad Rizqi untuk mencoba applikasi Bosbis. Muhammad
Rizqi adalah mahasiswa Ilmu Komputer Semester 6 yang baru pertama kali mencoba aplikasi
Bosbis ini.
Task : Memesan
tiket bis dari Jakarta ke Bandung
Subtask
|
Durasi
Penyelesaian (Detik)
|
Komentar
|
Kesalahan yang
Dilakukan Pengguna
|
Membuka aplikasi
|
3
|
-
|
-
|
Memilih tempat keberangkatan dan tujuan
|
56
|
-
|
-
|
Memilih Bus atau Travel
|
96
|
Negatif:
1. “Loh
apa ini kenapa geser2 begini?”
2. “Oo
tadi ada detail. Bedanya dengan detail apa ya?”
3. “Harusnya
tidak usah data reload lagi ini. Harusnya sudah dimasukkan ke chace”
4. “Ini
waktu kegeser saya tidak mengerti apa maksudnya”
|
-
|
Memilih kursi
|
20
|
Negatif:
1. “Ini
harusnya yang terjual sama tersedia warna nya agak kontras ya. Soalnya tidak
terlalu terlihat perbedaannya”
|
-
|
Mengisi data penumpang
|
58
|
Positif:
1. ”Oo
ini bagus ya, jadi sebelum melakukan konfirmasi pembayaran, dia memberikan
konfirmasi data dahulu”
|
-
|
Melihat metode pembayaran
|
30
|
Negatif:
1. “Sepertinya
sisa waktunya sedikit sekali ya”
Positif:
1. “Saya
langsung diberikan kode bookingnya. Sudah bagus”
|
-
|
Melihat konfirmasi pembayaran
|
10
|
Negatif:
1. “Tapi
kok harganya menjadi berubah ya? Yang tadinya 99000 menjadi 106000? Waduuh
tidak konsisten nih”
|
-
|
Keluar dari Aplikasi
|
3
|
-
|
-
|
Kesimpulan:
Aplikasi
Bosbis sudah dapat memfasilitasi penggunanya untuk membeli tiket bis. Tetapi
aplikasi Bosbis ini masih memerlukan beberapa perbaikan seperti tampilan ketika
memilih bus. Rizqi terlihat kesulitan ketika memilih bis karena selain ada
tombol pilihan bis, terdapat juga tombol detail yang muncul ketika tombol bis
di slide ke kiri. Padahal jika dilihat dari informasi yang disampaikan pada
detail, informasi tersebut tidak terlalu penting untuk pemesanan bus dan hanya
membuat user kebingungan karena terlalu banyak informasi. Selain itu perlu
diperbaiki juga pada saat memilih kursi. Warna kursi yang terjual dengan
tersedia hampir sama. Sehingga sedikit membingungkan bagi yang baru pertama
kali memesan tiket di Bisbos. Selain itu waktu tenggat pembayaran yang
disediakan termasuk pendek. Mungkin saja ada beberapa hal yang membuat
pelanggan tidak bisa membayar dalam waktu singkat (10 menit). Dan yang
terakhir, ada kesalahan fatal yang membuat Rizqi tidak jadi membeli tiket yaitu
harga tiket yang berubah ketika konfirmasi diterima. Harga di dalam konfirmasi
lebih besar daripada harga yang sudah ditetapkan di aplikasi Bosbis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar